RPP Mapel TIK Kelas 10 Semester 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
: SMA Negeri 1
Pituriawa
Mata
Pelajaran : TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi)
Kelas
/ Semester : X / II (Dua)
Standar
Kompetensi : 4. Menggunakan Operating System (OS) komputer
Kompetensi
Dasar : 4.3. Melakukan Manajemen File
Alokasi
Waktu : 4 Jam Pelajaran, 4 x
45’ (2 x tatap muka)
Tatap
muka ke : 1 dan 2
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
1.
Siswa
dapat menjelaskan manfaat manajemen file
2.
Siswa
dapat mengidentifikasi perintah-perintah dalam melakukan manajemen file.
3.
Siswa
dapat mempraktekkan langkah-langkah manajemen file
4.
Siswa
dapat mengklasifikasi ekstensi file
B.
MATERI
AJAR :
1.
Setting
Peripheral minimal
2.
Manajemen
file
C.
METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Membaca
buku dengan cermat
2.
Diskusi
dan Presentasi
3.
Demonstrasi
/ Praktek langsung
4.
Tanya
jawab
D.
LANGKAH
–LANGKAH PEMBELAJARAN :
- Pendahuluan
a.
Memberi
salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa
b.
Mengecek
kehadiran siswa
c.
Melakukan
apresiasi dengan meminta salah seorang siswa untuk menjelaskan tentang manajemen
file pada komputer secara singkat
d.
Motivasi
Ø
Apakah
kalian sudah mengetahui tentang manajemen file pada komputer?
Ø
Peserta
didik diminta untuk berfikir sejenak tentang manajemen file pada komputer, lalu
ditanya : “Apakah kalian pernah mempraktikkan manajemen file pada komputer ?”
e.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran
- Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan
pembelajaran
Ø Menggunakan media
pembelajaran dan sumber belajar lain.
Ø Menjelaskan secara singkat
tentang materi pembelajaran.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Memfasilitasi peserta didik
dalam pemberian tugas / diskusi untuk memecahkan ide baru
Ø Memberi kesempatan berfikir,
menganalisis, problem solving dan
bertindak tanpa rasa malu
Ø Membagi peserta didik menjadi
sepuluh kelompok. (Setiap anggota (siswa) pada masing-masing kelompok dibagi
tugas untuk membaca buku-buku sumber belajar secara mandiri dengan cermat dan
menjaga kondusifitas)
1) Kelompok 1 : Membuat
folder pada flashdisk dan harddrive
2) Kelompok 2 : Setting
Peripheral minimal (mengedit file)
Ø Menugaskan setiap siswa di
masing-masing kelompoknya untuk praktek.
Ø Menunjuk salah satu kelompok
menampilkan hasil prakteknya dan para
siswa kelompok lain memberikan tanggapan dengan kritis. (nilai karakter yang
dapat ditanamkan melalui kegiatan di atas : mentalitas,
kritis, demonstratif dan demokratis)
Ø Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi siswa
c. Konfirmasi
Ø Guru bertanya jawab dari hasil
diskusi tentang hal-hal yang belum diketahui
Ø Guru bersama dengan siswa
menyimpulkan pelajaran dan melakukan penilaian singkat
- Penutup
a.
Refleksi
: peserta didik diajak untuk berfikir dan memahami operasi dasar komputer.
b.
Guru
menginformasikan kepada peserta didik pertemuan berikutnya ulangan blok /
ulangan harian dengan materi menggunakan Operating System (OS) Komputer.
c.
Memberi
tugas siswa untuk mencari artikel yang berkaitan dengan manajemen file.
d.
Berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
E.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1.
Perangkat
Komputer, Splitter, Kabel VGA, LCD
2.
Buku ajar (e-book) TIK SMA Kelas X Semester
I (Saruri, 2008, TIK SMA Kelas X Semester I Jakarta : Kementrian Negara
Riset Dan Teknologi)
3.
Buku
Mahir Menggunakan TIK dan Word Kelas X, (Fairus NH, 2007, Mahir Menggunakan TIK
dan Word 2003, Kelas X, Semester II
Jakarta : Ganeca Exact),
F.
PENILAIAN
INDIKATOR PENILAIAN
|
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CATATAN
BUTIR SOAL
|
Membuat
folder pada desktop atau hardrive.
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1.
Sebutkan
langkah-langkah membuat folder pada desktop dan flasdisk
2.
Kumpulan
file disebut….
a.
database d. direktori
b.
folder e.
record
c.
field
3.
Yang
bukan perintah manajemen file berikut ini kecuali ….
a.
rename d. copy
b.
paster e. defrag
c.
cut
|
Setting
Peripheral minimal (file editing)
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1. Jelaskan langkah-langkah
untuk mengganti nama suatu file !
2.
Mengirim
file dari komputer ke flashdisk adalah dengan cara....
a.
copy d. send to
b.
replace e. move to
c.
rename
3.
Ikon
tempat sampah pada komputer
disebut….
a.
localdisk d. recycle bin
b.
spyware e. windows explorer
c.
tombol start
|
Self Assesment
|
Skala Rikert
|
Setelah mengikuti pelajaran ini,
seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini, silanglah :
1
untuk BELUM BAIK
2
untuk CUKUP BAIK
3
untuk BAIK, dan
4
untuk SANGAT BAIK
1.
Pemahaman
tentang operasi dasar komputer
1 2
3 4
2.
Rasa
percaya diri dalam mengemukakan pendapat 1 2
3 4
3.
Kemandirian
kalian dalam berdiskusi
1 2
3 4
4.
Kesantunan
dalam mengemukakan pendapat
1 2
3 4
5.
Berfikir
logis dan kritis
1 2
3 4
|
Ponrangae, 17
Januari 2016
|
|
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1
Pituriawa
|
Guru Mata Pelajaran TIK
|
Drs.
H. ABDUL RAZAK, M.Si
|
ZAINAL,
S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
: SMA Negeri 1
Pituriawa
Mata
Pelajaran : TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi)
Kelas
/ Semester : X / II (Dua)
Standar Kompetensi :
5.
Menggunakan Perangkat Lunak
Pengolah kata
Kompetensi
Dasar : 5.1. Menunjukkan menu ikon
yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
Alokasi
Waktu : 6 Jam Pelajaran, 6 x
45’ (2 x tatap muka)
Tatap
muka ke : 3 - 5
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
- Siswa dapat mengidentifikasi
kegunaan aplikasi pengolah kata
- Siswa dapat mengakses
berbagai menu pada aplikasi pengolah kata
- Siswa dapat
mengidentifikasi fungsi berbagai menu dan ikon aplikasi pengolah kata
B.
MATERI
AJAR :
Kegunaan menu dan ikon
aplikasi pengolah kata : Microsoft Word 2007
C.
METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Membaca
buku dengan cermat
2.
Diskusi
dan Presentasi
3.
Praktek
/ Demonstrasi
4.
Tanya
jawab
D.
LANGKAH
–LANGKAH PEMBELAJARAN :
- Pendahuluan
a.
Memberi
salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa
b.
Mengecek
kehadiran siswa
c.
Melakukan
apresiasi dengan meminta salah seorang siswa untuk menjelaskan tentang kegunaan
aplikasi pengolah kata secara singkat
d.
Motivasi
Ø
Apakah
kalian sudah mengetahui tentang kegunaan aplikasi pengolah kata?
Ø
Peserta
didik diminta untuk berfikir sejenak tentang menu dan ikon aplikasi pengolah
kata, lalu ditanya : “Apakah kalian pernah mempraktikkan aplikasi pengolah kata
?”
- Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan
pembelajaran
Ø Menggunakan media
pembelajaran dan sumber belajar lain.
Ø Menjelaskan secara singkat
tentang materi pembelajaran.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Memfasilitasi peserta didik
dalam pemberian tugas / diskusi untuk memecahkan ide baru
Ø Memberi kesempatan berfikir,
menganalisis, problem solving dan
bertindak tanpa rasa malu
Ø Membagi peserta didik menjadi
sepuluh kelompok. (Setiap anggota (siswa) pada masing-masing kelompok dibagi
tugas untuk membaca buku-buku sumber belajar secara mandiri dengan cermat dan menjaga
kondusifitas)
1) Kelompok 1 : Kegunaan
aplikasi pengolah kata
2) Kelompok 2 : Mengakses
menu pada aplikasi pengolah kata
3) Kelompok 3 : Fungsi
berbagai menu dan ikon aplikasi pengolah kata
Ø Menugaskan setiap siswa di
masing-masing kelompok mempraktekkan hasil pengamatannya.
Ø Menunjuk salah satu kelompok untuk praktek dan para siswa
kelompok lain memberikan tanggapan dengan kritis. (nilai karakter yang dapat
ditanamkan melalui kegiatan di atas : mentalitas,
kritis, demonstratif dan demokratis)
Ø Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi siswa
c. Konfirmasi
Ø Guru bertanya jawab dari
hasil diskusi tentang hal-hal yang belum diketahui
Ø Guru bersama dengan siswa
menyimpulkan pelajaran dan melakukan penilaian singkat
- Penutup
a.
Refleksi
: peserta didik diajak untuk berfikir dan memahami Menggunakan Perangkat Lunak
Pengolah kata.
b.
Guru
menginformasikan kepada peserta didik pertemuan berikutnya mempelajari tentang
menggunakan menu dan ikon aplikasi pengolah kata
c.
Memberi
tugas siswa untuk mencari artikel yang berkaitan dengan aplikasi pengolah kata
Windows dengan mencantumkan referensi / alamat website jika dari internet.
d.
Berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
E.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1.
Perangkat
Komputer, Splitter, Kabel VGA, LCD
2.
Buku ajar (e-book) TIK SMA Kelas X Semester
I (Saruri, 2008, TIK SMA Kelas X Semester I Jakarta : Kementrian Negara
Riset Dan Teknologi)
3.
Buku
Mahir Menggunakan TIK dan Word Kelas X, (Fairus NH, 2007, Mahir Menggunakan TIK
dan Word 2003, Kelas X, Semester II
Jakarta : Ganeca Exact),
4.
Lembar
praktek yang dipakai khusus di lingkungan sendiri.
5.
CD
Tutorial Pembelajaran Mahir Menggunakan Microsoft Word To The Point Office 2007. Ivan G Nugraha.
F.
PENILAIAN
INDIKATOR PENILAIAN
|
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CATATAN
BUTIR SOAL
|
Kegunaan
aplikasi pengolah kata
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1. Jelaskan manfaat aplikasi
pengolah kata dalam kehidupan sehari-hari !
2. Di bawah ini yang termasuk
aplikasi pengolah kata adalah ….
a.
word d. access
b.
excel e. publisher
c.
powerpoint
3. Windows menggunakan Ms.
Word sebagai aplikasi pengolah kata-nya, aplikasi pengolah kata yang
digunakan Linux….
a.
frontpage d. openoffice
b.
ms. word e.
office.net
c.
wordstar
|
Mengakses
menu pada aplikasi pengolah kata
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1.
Jelaskan
langkah-langkah untuk memulai aplikasi ms. Word!
2.
Take
yang digunakan untuk mengatur teks dan paragraph terdapat pada take…..
a.
Home d. References
b.
Insert e. Mailings
c.
Page Layout
3.
Untuk
membuat desain shape menggunakan take ….
a.
Layout d. drawingbar
b.
Insert e. view
c.
Home
|
Fungsi
berbagai menu dan ikon aplikasi pengolah kata
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1. Sebutkan 3 jenis icon di take home,
control menu font menu yang terdapat
di area ribbon Ms. Word !
2.
Ikon berfungsi untuk....
a.
menyimpan d.
membuka dokumen
b.
mengcopy e. mengatur teks
c.
membuat dokumen baru
3.
Ikon berfungsi untuk....
a.
menyimpan d. membuka dokumen
b.
mengcopy e. mengatur teks
c.
membuat dokumen baru
|
Self Assesment
|
Skala Rikert
|
Setelah mengikuti pelajaran ini,
seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini, silanglah :
1
untuk BELUM BAIK
2
untuk CUKUP BAIK
3
untuk BAIK, dan
4
untuk SANGAT BAIK
1.
Pemahaman
tentang operasi dasar komputer
1 2
3 4
2.
Rasa
percaya diri dalam mengemukakan pendapat 1 2
3 4
3.
Kemandirian
kalian dalam berdiskusi
1 2
3 4
4.
Kesantunan
dalam mengemukakan pendapat
1 2
3 4
5.
Berfikir
logis dan kritis
1 2
3 4
|
Ponrangae, 17
Januari 2016
|
|
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1
Pituriawa
|
Guru Mata Pelajaran TIK
|
Drs.
H. ABDUL RAZAK, M.Si
|
ZAINAL,
S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
: SMA Negeri 1
Pituriawa
Mata
Pelajaran : TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi)
Kelas
/ Semester : X / II (Dua)
Standar Kompetensi :
5. Menggunakan
Perangkat Lunak Pengolah kata
Kompetensi Dasar : 5.2. Menggunakan
menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak
pengolah kata
Alokasi
Waktu : 12 Jam Pelajaran 6 x
45’ (6 x tatap muka)
Tatap
muka ke : 6 - 11
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
- Siswa dapat
mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru
- Siswa dapat memodifikasi
jenis dan pengaturan pada teks
- Siswa dapat memodifikasi
pengaturan halaman
- Siswa dapat mendemonstrasikan
pembuatan mail merge
- Siswa dapat
mendemontrasikan cara mengolah dan mencetak dokumen
B.
MATERI
AJAR :
- Fungsi menu dan ikon
aplikasi pengolah kata
- Membuat dokumen baru
C.
METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Membaca
buku dengan cermat
2.
Diskusi
dan Presentasi
3.
Praktek
dan Demonstrasi
4.
Tanya
jawab
D.
LANGKAH
–LANGKAH PEMBELAJARAN :
- Pendahuluan
a.
Memberi
salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa
b.
Mengecek
kehadiran siswa
c.
Melakukan
apresiasi dengan meminta salah seorang siswa untuk menjelaskan tentang fungsi
menu dan ikon aplikasi pengolah kata secara singkat
d.
Motivasi
Ø
Apakah
kalian sudah mengetahui tentang fungsi menu dan ikon aplikasi pengolah kata ?
Ø
Peserta
didik diminta untuk berfikir sejenak tentang fungsi menu dan ikon aplikasi
pengolah kata, lalu ditanya : “Apakah kalian pernah membuat dan memodifikasi
dokumen Ms. Word ?”
e.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran
- Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan
pembelajaran
Ø Menggunakan media
pembelajaran dan sumber belajar lain.
Ø Menjelaskan secara singkat
tentang materi pembelajaran.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Memfasilitasi peserta didik
dalam pemberian tugas / diskusi untuk memecahkan ide baru
Ø Memberi kesempatan berfikir,
menganalisis, problem dan bertindak tanpa rasa malu
Ø Membagi peserta didik menjadi
sepuluh kelompok. (Setiap anggota (siswa) pada masing-masing kelompok dibagi
tugas untuk membaca buku-buku sumber belajar secara mandiri dengan cermat dan
menjaga kondusifitas)
1) Kelompok 1 : Membuat
dokumen baru
2) Kelompok 2 : Pengaturan
teks dan halaman
3) Kelompok 3 : Mengolah
dan mencetak dokumen
Ø Menugaskan setiap siswa di
masing-masing kelompok untuk mempraktekkan tugas.
Ø Menunjuk salah satu kelompok
mempresentasikan laporannya dan para
siswa kelompok lain memberikan tanggapan dengan kritis. (nilai karakter yang
dapat ditanamkan melalui kegiatan di atas : mentalitas,
kritis, demonstratif dan demokratis)
Ø Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi siswa
c. Konfirmasi
Ø Guru bertanya jawab dari
hasil diskusi tentang hal-hal yang belum diketahui
Ø Guru bersama dengan siswa
menyimpulkan pelajaran dan melakukan penilaian singkat
- Penutup
a.
Refleksi
: peserta didik diajak untuk berfikir dan memahami Menggunakan Perangkat Lunak
Pengolah kata
b.
Guru
menginformasikan kepada peserta didik pertemuan berikutnya ulangan Blok dengan
materi menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata.
c.
Memberi
tugas siswa untuk mencari artikel yang berkaitan dengan menu dan ikon aplikasi
pengolah kata dengan mencantumkan referensi / alamat website jika dari
internet.
d.
Berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
E.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1.
Perangkat
Komputer, Splitter, Kabel VGA, LCD
2.
Buku ajar (e-book) TIK SMA Kelas X Semester
I (Saruri, 2008, TIK SMA Kelas X Semester I Jakarta : Kementrian Negara
Riset Dan Teknologi)
3.
Buku
Mahir Menggunakan TIK dan Word Kelas X, (Fairus NH, 2007, Mahir Menggunakan TIK
dan Word 2003, Kelas X, Semester II
Jakarta : Ganeca Exact),
4.
Lembar
praktek yang dipakai khusus di lingkungan sendiri.
5.
CD
Tutorial Pembelajaran Mahir Menggunakan Microsoft Word To The Point Office 2007. Ivan G Nugraha..
F.
PENILAIAN
INDIKATOR PENILAIAN
|
TEKNIK
PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CATATAN
BUTIR SOAL
|
Membuat
dokumen baru
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Daftar soal uraian
Soal pilihan ganda
|
1.
Jelaskan
langkah untuk membuat suatu dokumen ms. word baru !
2.
Di
bawah ini adalah extensi dari ms. word, yaitu….
a. .xls d. .doc
b. .exe e. .crd
c. .pps
3.
Untuk
membuat dokumen baru dengan menggunakan shortcut key pada keyboard adalah
tombol….
a. ctrl+O d.
ctrl+C
b. ctrl+S e.
ctrl+V
c. ctrl+N
|
Pengaturan teks dan halaman
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Daftar soal uraian
Soal pilihan ganda
|
1.
Jelaskan
pengertian dari aligment left, right, center dan justify !
2.
Untuk
mengatur margin halaman dokumen menggunakan fasilitas….
a. page setup d.
page color
b. page border e.
page bottom
c. page number
3.
Untuk
memberi frame / bingkai pada halaman menggunakan fasilitas….
a. page setup d.
page color
b. page border e.
page bottom
c. page number
|
Mengolah dan mencetak dokumen
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Daftar soal uraian
Soal pilihan ganda
|
1.
Sebutkan langkah-langkah untuk mencetak dokumen !
2.
Jenis
font standar ms. word 2007 adalah....
a. verdana d.
courier new
b. arial e. calibri
c. times new roman
3.
Untuk
memotong teks digunakan menu....
a. paste d. replace
b. copy e. move
c. cut
|
Self Assesment
|
Skala Rikert
|
Setelah mengikuti pelajaran
ini, seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini, silanglah :
1 untuk BELUM BAIK
2 untuk CUKUP BAIK
3 untuk BAIK, dan
4 untuk SANGAT BAIK
1.
Pemahaman
tentang operasi dasar komputer
1 2
3 4
2.
Rasa
percaya diri dalam mengemukakan pendapat 1 2
3 4
3.
Kemandirian
kalian dalam berdiskusi
1 2
3 4
4.
Kesantunan
dalam mengemukakan pendapat
1 2
3 4
5.
Berfikir
logis dan kritis
1 2
3 4
|
Ponrangae, 17
Januari 2016
|
|
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1
Pituriawa
|
Guru Mata Pelajaran TIK
|
Drs.
H. ABDUL RAZAK, M.Si
|
ZAINAL,
S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
: SMA Negeri 1
Pituriawa
Mata
Pelajaran : TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi)
Kelas
/ Semester : X / II (Dua)
Standar Kompetensi :
5.
Menggunakan Perangkat Lunak
Pengolah kata
Kompetensi
Dasar : 5.3. Membuat dokumen pengolah
kata dengan beberapa variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
Alokasi
Waktu : 14 Jam Pelajaran 7 x
45’ (8 x tatap muka)
Tatap
muka ke : 12 - 18
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
- Siswa dapat membuat dan
menghapus baris, kolom atau tabel
- Siswa dapat menambah,
menggabung serta mengatur lebar baris dan kolom
- Siswa dapat menyisipkan
gambar/clip art dan membuat grafik & diagram
- Siswa dapat
mengoperasikan ikon drawing, word art, text box
- Siswa dapat membuat
karya dengan menggunakan program pengolah kata (kolom koran, undangan
sederhana, pamphlet/selebaran)
B.
MATERI
AJAR :
Membuat dokumen aplikasi
pengolah kata
C.
METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Membaca
buku dengan cermat
2.
Diskusi
dan Presentasi
3.
Demonstrasi
4.
Tanya
jawab
D.
LANGKAH
–LANGKAH PEMBELAJARAN :
- Pendahuluan
a.
Memberi
salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa
b.
Mengecek
kehadiran siswa
c.
Melakukan
apresiasi dengan meminta salah seorang siswa untuk menjelaskan tentang membuat dokumen
pengolah kata dengan beberapa variasi secara singkat
d.
Motivasi
Ø
Apakah
kalian sudah mengetahui tentang membuat dokumen dengan beberapa variasi ?
Ø
Peserta
didik diminta untuk berfikir sejenak tentang dokumen dengan beberapa variasi,
lalu ditanya : “Apakah kalian pernah membuat dan memodifikasi dokumen Ms. Word
dokumen dengan beberapa variasi (tabel, grafik, gambar dan diagram )?”
e.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran
- Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan
pembelajaran
Ø Menggunakan media
pembelajaran dan sumber belajar lain.
Ø Menjelaskan secara singkat
tentang materi pembelajaran.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Memfasilitasi peserta didik
dalam pemberian tugas / diskusi untuk memecahkan ide baru
Ø Memberi kesempatan berfikir,
menganalisis, problem solving dan
bertindak tanpa rasa malu
Ø Membagi peserta didik menjadi
sepuluh kelompok. (Setiap anggota (siswa) pada masing-masing kelompok dibagi
tugas untuk membaca buku-buku sumber belajar secara mandiri dengan cermat dan
menjaga kondusifitas)
1) Kelompok 1 : Membuat
dan menghapus baris, kolom atau tabel
2) Kelompok 2 : Menyisipkan
gambar/clip art dan membuat grafik & diagram
3) Kelompok 3 : Mengoperasikan
ikon drawing, word art, text box
Ø Menugaskan setiap siswa di
masing-masing kelompok mempraktekkan latihannya
Ø Menunjuk salah seorang siswa
mewakili setiap kelompok mempresentasikan laporannya dan para siswa kelompok lain memberikan
tanggapan dengan kritis. (nilai karakter yang dapat ditanamkan melalui kegiatan
di atas : mentalitas, kritis,
demonstratif dan demokratis)
Ø Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi siswa
c. Konfirmasi
Ø Guru bertanya jawab dari
hasil diskusi tentang hal-hal yang belum diketahui
Ø Guru bersama dengan siswa
menyimpulkan pelajaran dan melakukan penilaian singkat
- Penutup
a.
Refleksi
: peserta didik diajak untuk berfikir dan memahami operasi dasar komputer.
b.
Guru
menginformasikan kepada peserta didik pertemuan berikutnya ulangan blok / ulangan
harian.
c.
Memberi
tugas siswa untuk mencari artikel yang berkaitan dengan beberapa variasi
aplikasi pengolah kata dengan mencantumkan referensi / alamat website jika dari
internet.
d.
Berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
E.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1.
Perangkat
Komputer, Splitter, Kabel VGA, LCD
2.
Buku ajar (e-book) TIK SMA Kelas X Semester
I (Saruri, 2008, TIK SMA Kelas X Semester I Jakarta : Kementrian Negara
Riset Dan Teknologi)
3.
Buku
Mahir Menggunakan TIK dan Word Kelas X, (Fairus NH, 2007, Mahir Menggunakan TIK
dan Word 2003, Kelas X, Semester II
Jakarta : Ganeca Exact),
4.
Lembar
praktek yang dipakai khusus di lingkungan sendiri.
5.
CD
Tutorial Pembelajaran Mahir Menggunakan Microsoft Word To The Point Office 2007. Ivan G Nugraha.
F.
PENILAIAN
INDIKATOR PENILAIAN
|
TEKNIK
PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CATATAN
BUTIR SOAL
|
Membuat
dan menghapus baris, kolom atau tabel
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Daftar soal uraian
Soal pilihan ganda
|
1.
Jelaskan
langkah untuk membuat suatu table dan langkah untuk menghapus suatu tabel !
2.
Menu
yang digunakan untuk menggabungkan beberapa kolom/baris dalam table adalah….
a. autofit d. coloum to right
b. wraptext e. row above
c. merge cell
3.
Formula
yang digunakan untuk menjumlahkan angka-angka pada tabel….
a. =COUNT d.
=SUM
b. =ABS e. =AVERAGE
c. =AND
|
Menyisipkan gambar/clip art dan membuat grafik &
diagram
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Daftar soal uraian
Soal pilihan ganda
|
1.
Jelaskan
perbedaan grafik dan diagram dalam ms. word !
2.
Yang
termasuk tipe file gambar adalah….
a. wav d. jpg
b. wma e. mpg
c. flv
3.
Untuk
membuat suatu grafik/diagram menggunakan menu….
a. file d. insert
b. edit e. format
c. view
|
Mengoperasikan ikon drawing, word art, text box
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Daftar soal uraian
Soal pilihan ganda
|
1.
Sebutkan langkah-langkah untuk membuat drawing berbentuk
persegi !
2.
Untuk
menebalkan garis/outline pada drawing menggunakan menu....
a. arrow style d.
line style
b. dash style e.
shadow style
c. font style
3.
Menu
yang digunakan untuk membuat tulisan indah adalah ....
a. text box d. text art
b. word art e. line art
c. clip art
|
Self Assesment
|
Skala Rikert
|
Setelah mengikuti pelajaran
ini, seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini, silanglah :
1 untuk BELUM BAIK
2 untuk CUKUP BAIK
3 untuk BAIK, dan
4 untuk SANGAT BAIK
1.
Pemahaman
tentang operasi dasar komputer
1 2
3 4
2.
Rasa
percaya diri dalam mengemukakan pendapat 1 2
3 4
3.
Kemandirian
kalian dalam berdiskusi
1 2
3 4
4.
Kesantunan
dalam mengemukakan pendapat
1 2
3 4
5.
Berfikir
logis dan kritis
1 2
3 4
|
Ponrangae, 17
Januari 2016
|
|
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1
Pituriawa
|
Guru Mata Pelajaran TIK
|
Drs.
H. ABDUL RAZAK, M.Si
|
ZAINAL,
S.Pd
|
Komentar
Posting Komentar