RPP Mapel TIK Kelas 10 Semester 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMA Negeri 1 Pituriawa
Mata Pelajaran :
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Kelas / Semester :
X / I (Satu)
Standar Kompetensi :
1. Melakukan Operasi Dasar Komputer
Kompetensi Dasar :
1.1. Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur
Indikator : - Menjelaskan Sejarah Perkembangan Komputer
-
Menjelaskan
Pengertian Booting, Cold Boot dan Warm Boot
-
Menghubungkan
kabel ke port yang sesuai dengan benar
Alokasi Waktu :
4 Jam Pelajaran (2 x tatap muka)
Tatap muka ke :
1 – 2
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
1.
Siswa
dapat menceritakan sejarah dan perkembangan komputer
2. Siswa
dapat menjelaskan pengertian booting, warm boot dan coold boot dan
memperagakannya.
3.
Siswa
dapat memperagkan cara mematikan komputer dengan prosedur yang benar
B.
MATERI
AJAR :
- Sejarah Perkembangan
Komputer
- Cold Boot dan Warm Boot
C.
METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Membaca
buku dengan cermat
2.
Diskusi
dan Presentasi
3.
Demonstrasi
4.
Tanya
jawab
D.
LANGKAH
–LANGKAH PEMBELAJARAN :
- Pendahuluan
a.
Memberi
salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa
b.
Mengecek
kehadiran siswa
c.
Melakukan
apresiasi dengan meminta salah seorang siswa untuk menjelaskan operasi
dasar komputer secara singkat
d.
Motivasi
Ø Apakah kalian sudah
mengetahui tentang operasi dasar komputer ?
Ø Peserta didik diminta untuk
berfikir sejenak tentang operasi dasar komputer, lalu ditanya : “Apakah kalian
pernah mempraktikkan operasi dasar komputer ?”
e.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran
- Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan
pembelajaran
Ø Menggunakan media
pembelajaran dan sumber belajar lain.
Ø Menjelaskan secara singkat
tentang : Sejarah perkembangan komputer; Pengertian booting, cold boot dan warm
boot; serta Menghubungkan kabel ke port yang sesuai dengan benar.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Memfasilitasi peserta didik
dalam pemberian tugas / diskusi untuk memecahkan ide baru
Ø Memberi kesempatan berfikir,
menganalisis, problem solving dan
bertindak tanpa rasa malu
Ø Membagi peserta didik menjadi
tiga kelompok. (Setiap anggota (siswa) pada masing-masing kelompok dibagi tugas
untuk membaca buku-buku sumber belajar secara mandiri dengan cermat dan menjaga
kondusifitas)
1) Kelompok 1 : Sejarah Perkembangan Komputer
2) Kelompok 2 : Pengertian Booting, Cold Boot dan Warm
Boot
3) Kelompok 3 : Menghubungkan kabel ke port yang sesuai
dengan benar
Ø Menugaskan setiap siswa di
masing-masing kelompok membuat laporan hasil telaahnya.
Ø Menunjuk salah seorang siswa
mewakili setiap kelompok mempresentasikan laporannya dan para siswa kelompok lain memberikan
tanggapan dengan kritis. (nilai karakter
yang dapat ditanamkan melalui kegiatan di atas : mentalitas, kritis,
demonstratif dan demokratis)
Ø
Memfasilitasi
peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi siswa
c. Konfirmasi
Ø Guru bertanya jawab dari
hasil diskusi tentang hal-hal yang belum diketahui
Ø Guru bersama dengan siswa
menyimpulkan pelajaran dan melakukan penilaian singkat
- Penutup
a.
Refleksi
: peserta didik diajak untuk berfikir dan memahami operasi dasar komputer.
b.
Guru
menginformasikan kepada peserta didik pertemuan berikutnya mempelajari
menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
c.
Memberi
tugas siswa untuk mencari artikel yang berkaitan dengan operasi dasar komputer dengan
mencantumkan referensi / alamat website jika dari internet.
d.
Berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
E.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1.
Perangkat Komputer dan Akses
Internet
2.
Buku Mahir Menggunakan Operasi Dasar Komputer dan MS Word Kelas X Semester I (Fairus NH, 2007,Mahir Menggunakan Operasi Dasar dan MS Word X Semester
I Jakarta : Ganeca Exact),
3.
Buku ajar (paket) TIK SMA untuk
Kelas X
- Artikel-artikel tentang
Operasi Dasar Komputer dari internet :
Ø
searching
www.google.co.id
F.
PENILAIAN
INDIKATOR PENILAIAN
|
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CATATAN
BUTIR SOAL
|
Sejarah
Perkembangan Komputer
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1. Tuliskan secara singkat
sejarah perkembangan komputer !
2. Di bawah ini adalah faktor
yang menyebabkan teknologi komputer berkembang sangat pesat, kecuali….
a.
globalisasi d. harganya murah
b.
pasar bebas e. stagnasi ekonomi
c.
mudah mendapatkannya
3. Apa yang dimaksud dengan
PC….
a.
post komputer d. personal komputer
b.
piranti komputer e. Perangkat Komputer dan Akses Internet
c.
perkembangan komputer
|
Pengertian
Booting, Cold Boot dan Warm Boot
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1.
Jelaskan
langkah-langkah menghidupkan komputer dengan benar !
2.
Proses
menyalakan komputer dengan cara menekan tombol power ke posisi ON pada casing
merupakan booting….
a.
cold booting d. BIOS
b.
warm booting e. Defragmenter
c.
plug and play
3.
Proses
menyalakan komputer kembali pada saat komputer masih menyala dengan cara
menekan tombol CTRL+ALT+DEL merupakan proses….
a.
cold booting d. BIOS
b.
warm booting e. Defragmenter
c.
plug and play
|
Menghubungkan
kabel ke port yang sesuai dengan benar
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1.
Dibutuhkan
berapa kabel-kah yang harus terpasang sehingga komputer dapat dinyalakan….
2.
Kabel
keyboard ditunjukan dengan warna....
a.
merah d. ungu
b.
kuning e. cokelat
c.
hijau
3.
Kabel
mouse ditunjukan dengan warna….
a.
merah d. ungu
b.
kuning e. cokelat
c.
hijau
|
Self Assesment
|
Skala Rikert
|
Setelah mengikuti pelajaran ini,
seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini, silanglah :
1
untuk BELUM BAIK
2
untuk CUKUP BAIK
3
untuk BAIK, dan
4
untuk SANGAT BAIK
1.
Pemahaman
tentang operasi dasar komputer
1 2
3 4
2.
Rasa
percaya diri dalam mengemukakan pendapat 1 2
3 4
3.
Kemandirian
kalian dalam berdiskusi
1 2
3 4
4.
Kesantunan
dalam mengemukakan pendapat
1 2
3 4
5.
Berfikir
logis dan kritis
1 2
3 4
|
Ponrangae, 20 Juli 2016
|
|
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Pituriawa
|
Guru
Mata Pelajaran TIK
|
Drs. H. ABDUL
RAZAK, M.Si
|
ZAINAL,S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMA Negeri 1 Pituriawa
Mata Pelajaran : TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Kelas / Semester : X / I (Satu)
Standar Kompetensi : 1.
Melakukan Operasi Dasar Komputer
Kompetensi Dasar : 1. 2. Menggunakan perangkat lunak beberapa program
aplikasi
Indikator : - Menjelaskan Sistem Operasi / Operating
System (OS)
- Mengetahui Perangkat lunak
bahasa pemrograman
- Mengetahui Perangkat lunak
utility
- Mengetahui Perangkat lunak
program paket
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran (2 x tatap muka)
Tatap muka ke : 3 – 4
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
1.
Siswa
dapat memahami perangkat lunak beberapa program aplikasi
2.
Siswa
dapat memberikan contoh perangkat lunak beberapa program aplikasi
3.
Siswa
dapat menjalankan salah satu perangkat lunak program aplikasi
B.
MATERI
AJAR :
Menggunakan perangkat lunak
beberapa program aplikasi
C.
METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Membaca
buku dengan cermat
2.
Diskusi
dan Presentasi
3.
Demonstrasi
4.
Tanya
jawab
D.
LANGKAH
–LANGKAH PEMBELAJARAN :
- Pendahuluan
a.
Memberi
salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa
b.
Mengecek
kehadiran siswa
c.
Melakukan
apresiasi dengan meminta salah seorang siswa untuk menjelaskan operasi dasar
komputer secara singkat
d.
Motivasi
Ø
Apakah
kalian sudah mengetahui tentang operasi dasar komputer ?
Ø
Peserta
didik diminta untuk berfikir sejenak tentang operasi dasar komputer, lalu
ditanya : “Apakah kalian pernah menjalankan salah satu perangkat lunak program
aplikasi ?”
e.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran
- Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan
pembelajaran
Ø Menggunakan media
pembelajaran dan sumber belajar lain.
Ø Menjelaskan secara singkat
tentang menggunakan perangkat lunak program aplikasi.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Memfasilitasi peserta didik
dalam pemberian tugas / diskusi untuk memecahkan ide baru
Ø Memberi kesempatan berfikir,
menganalisis, problem solving dan
bertindak tanpa rasa malu
Ø Membagi peserta didik menjadi
4 kelompok. (Setiap anggota pada masing-masing kelompok dibagi tugas untuk
membaca buku-buku sumber belajar secara mandiri dengan cermat dan menjaga
kondusifitas)
1) Kelompok 1 : Sistem
Operasi / Operating System (OS)
2) Kelompok 2 : Perangkat
lunak bahasa pemrograman
3) Kelompok 3 : Perangkat
lunak utility
4) Kelompok 4 : Perangkat
lunak program paket
Ø Menugaskan setiap siswa di
masing-masing kelompok membuat laporan hasil telaahnya.
Ø Menunjuk salah seorang siswa
mewakili setiap kelompok mempresentasikan laporannya dan para siswa kelompok lain memberikan
tanggapan dengan kritis. (nilai karakter
yang dapat ditanamkan melalui kegiatan di atas : mentalitas, kritis,
demonstratif dan demokratis)
Ø Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi siswa
c. Konfirmasi
Ø Guru bertanya jawab dari
hasil diskusi tentang hal-hal yang belum diketahui
Ø Guru bersama dengan siswa
menyimpulkan pelajaran dan melakukan penilaian singkat
- Penutup
a.
Refleksi
: peserta didik diajak untuk berfikir dan memahami operasi dasar komputer.
b.
Guru
menginformasikan kepada peserta didik pertemuan berikutnya mempelajari fungsi
dan proses kerja berbagai peralatan TIK
c.
Memberi
tugas siswa untuk mencari artikel yang berkaitan dengan operasi dasar komputer
dengan mencantumkan referensi / alamat website jika dari internet.
d.
Berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
E.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1.
Perangkat Komputer dan Akses
Internet
2.
Buku Mahir Menggunakan TIK dan
Word 2003 Kelas X Semester I (Fairus NH, 2007,Mahir Menggunakan TIK dan Word 2003 Kelas X Semester I Jakarta :
Ganeca Exact), Buku ajar (e-book)
TIK SMA Kelas X Semester I (Saruri, 2008, TIK SMA Kelas X Semester I
Jakarta : Kementrian Negara Riset Dan Teknologi)
3.
Buku ajar (paket) TIK SMA untuk Kelas X
4.
Artikel-artikel
tentang Operasi Dasar Komputer dari internet :
Ø
searching
www.google.co.id
F.
PENILAIAN
INDIKATOR PENILAIAN
|
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CATATAN
BUTIR SOAL
|
Sistem
Operasi / Operating System (OS)
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1. Apa yang dimaksud dengan
Sistem Operasi / Operating System (OS) ?
2. Di bawah ini adalah
termasuk sistem oprasi komputer, kecuali….
a.
MS-DOS d. UNIX
b.
windows e. LINUX
c.
Microsoft Office
3. Personal Computer Disk
Operating System
disebut juga….
a.
MS-DOS d. UNIX
b.
windows e. LINUX
c.
Microsoft Office
|
Perangkat
lunak bahasa pemrograman
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1.
Jelaskan
pengertian perangkat lunak bahasa pemrograman !
2.
Penterjemah
bahasa pemrograman dibagi menjadi….
a.
2 bahasa d. 5 bahasa
b. 3 bahasa e. 6 bahasa
c.
4 bahasa
3.
Bahasa
komputer dapat dibedakan menjadi….
a.
2 bahasa d. 5 bahasa
b.
3 bahasa e. 6 bahasa
c.
4 bahasa
|
Perangkat
lunak utility
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1.
Program
yang bermanfaat untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya
system adalah….
2.
Yang
termasuk perangkat lunak utility.…
a.
freeware d. open source
b.
shareware e. domain publik
c.
disk formating
3.
Di
bawah ini merupakan anti virus komputer, kecuali….
a.
KasperSky d. PCmedia
b.
McAffe e. Avira free
c.
defragment
|
Perangkat
lunak program paket
|
Self Assesment
|
Skala Rikert
|
Setelah mengikuti pelajaran ini,
seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini, silanglah :
1
untuk BELUM BAIK
2
untuk CUKUP BAIK
3
untuk BAIK, dan
4
untuk SANGAT BAIK
1.
Pemahaman
tentang operasi dasar komputer
1 2
3 4
2.
Rasa
percaya diri dalam mengemukakan pendapat 1
2 3 4
3.
Kemandirian
kalian dalam berdiskusi
1 2
3 4
4.
Kesantunan
dalam mengemukakan pendapat
1 2
3 4
5.
Berfikir
logis dan kritis
1 2
3 4
|
Ponrangae, 20 Juli 2016
|
|
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Pituriawa
|
Guru
Mata Pelajaran TIK
|
Drs. H. ABDUL
RAZAK, M.Si
|
ZAINAL,S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
: SMA Negeri 1
Pituriawa
Mata
Pelajaran : TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi)
Kelas
/ Semester : X / I (Satu)
Standar
Kompetensi : 2. Memahami
fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi
Dasar : 2.1. Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer,
dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator : - Menjelaskan pengertian, Sistem Informasi, Data dan Informasi
-
Mengidentifikasi
Siklus informasi
-
Mengidentifikasi
Sistem komputer dan perangkat keras komputer yang digunakan untuk teknologi
informasi.
Alokasi
Waktu : 4 Jam Pelajaran (2 x
tatap muka)
Tatap
muka ke : 5 – 6
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
- Siswa dapat
mengidentifikasikan elemen siklus pemrosesan informasi
- Siswa dapat menjelaskan
pengertian dari teknologi informasi dan teknologi komunikasi
- Siswa dapat
mengidentifikasikan perangkat keras teknologi informasi beserta fungsinya
- Siswa dapat
mendeskripsikan macam-macam peralatan teknologi komunikasi beserta
fungsinya
B.
MATERI
AJAR :
1.
Data
dan informasi
2.
Pengolahan
data oleh komputer
C.
METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Membaca
buku dengan cermat
2.
Diskusi
dan Presentasi
3.
Demonstrasi
4.
Tanya
jawab
D.
LANGKAH
–LANGKAH PEMBELAJARAN :
- Pendahuluan
a.
Memberi
salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa
b.
Mengecek
kehadiran siswa
c.
Melakukan
apresiasi dengan meminta salah seorang siswa untuk menjelaskan operasi dasar
komputer secara singkat
d.
Motivasi
Ø
Apakah
kalian sudah mengetahui tentang fungsi dan proses kerja berbagai peralatan TIK?
Ø
Peserta
didik diminta untuk berfikir sejenak tentang fungsi dan proses kerja berbagai
peralatan teknologi informasi dan komunikasi, lalu ditanya : “Apakah kalian
pernah menggunakan berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi ?”
e.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran
- Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan
pembelajaran
Ø Menggunakan media
pembelajaran dan sumber belajar lain.
Ø Menjelaskan materi
pembelajaran secara singkat.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Memfasilitasi peserta didik
dalam pemberian tugas / diskusi untuk memecahkan ide baru
Ø Memberi kesempatan berfikir,
menganalisis, problem solving dan
bertindak tanpa rasa malu
Ø Membagi peserta didik menjadi
dua kelompok. (Setiap anggota (siswa) pada masing-masing kelompok dibagi tugas
untuk membaca buku-buku sumber belajar secara mandiri dengan cermat dan menjaga
kondusifitas)
1)
Kelompok
1 : Sistem
Informasi, data dan siklus informasi
2)
Kelompok
2 :
Sistem komputer dan perangkat keras
komputer
Ø Menugaskan setiap siswa di
masing-masing kelompok membuat laporan hasil telaahnya.
Ø Menunjuk salah seorang siswa
mewakili setiap kelompok mempresentasikan laporannya dan para siswa kelompok lain memberikan
tanggapan dengan kritis. (nilai karakter
yang dapat ditanamkan melalui kegiatan di atas : mentalitas, kritis,
demonstratif dan demokratis)
Ø Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi siswa
c. Konfirmasi
Ø Guru bertanya jawab dari
hasil diskusi tentang hal-hal yang belum diketahui
Ø Guru bersama dengan siswa
menyimpulkan pelajaran dan melakukan penilaian singkat
- Penutup
a.
Refleksi
: peserta didik diajak untuk berfikir dan memahami operasi dasar komputer.
b.
Guru
menginformasikan kepada peserta didik pertemuan berikutnya mempelajari fungsi
dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline,
wireless, modem dan satelit)
c.
Memberi
tugas siswa untuk mencari artikel yang berkaitan dengan fungsi, proses kerja
komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan TIK dengan mencantumkan
referensi / alamat website jika dari internet.
d.
Berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
E.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1.
Perangkat Komputer dan Akses
Internet
2.
Buku Mahir Menggunakan TIK dan
Word 2003 Kelas X Semester I (Fairus NH, 2007,Mahir Menggunakan TIK dan Word 2003 Kelas X Semester I Jakarta :
Ganeca Exact), Buku ajar (e-book)
TIK SMA Kelas X Semester I (Saruri, 2008, TIK SMA Kelas X Semester I
Jakarta : Kementrian Negara Riset Dan Teknologi)
3.
Buku ajar (paket) TIK SMA untuk
Kelas X
- Artikel-artikel tentang
fungsi dan proses kerja berbagai peralatan TIK dari internet :
Ø
searching
www.google.co.id
F.
PENILAIAN
INDIKATOR PENILAIAN
|
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CATATAN
BUTIR SOAL
|
Sistem
Informasi,
Data
dan informasi
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Daftar soal uraian
Soal pilihan ganda
|
1.
Jelaskan
pengertian sistem informasi !
2.
Di
bawah ini termasuk peralatan teknologi informasi, kecuali….
a. komputer d.
dekstop
b. laptop e. telepon rumah
c. netbook
3.
Komputer
termasuk sistem informasi dikarenakan….
a. harganya mahal d.
berat
b. sesuatu yang baru e.
unik
c. pengolah data
|
Siklus informasi
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Daftar soal uraian
Soal pilihan ganda
|
1.
Buatlah
skema proses transfer informasi dalam teknologi informasi dan komunikasi
dengan benar !
2.
Data
yang sudah diolah dengan cara tertentu nantinya akan menghasilkan sesuatu
yang dinamakan….
a. informasi d.
proses
b. input e. pengkodean
c. output
3.
Prinsip
kerja komputer yang memberi data masukan adalah….
a. informasi d.
proses
b. input e. pengkodean
c. output
|
Sistem komputer dan perangkat keras komputer
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Daftar soal uraian
Soal pilihan ganda
|
1.
Sebutkan
alat apa saja yang termasuk output komputer….
2.
Media
penyimpan data yang sifat permanen adalah....
a. ROM d. DDRAM
b. RAM
e. SDRAM
c. HARDISK
3.
Perangkat
keras yang dapat mengkopi ke CD…
a. CD-room d.
ROM
b. CD-RW e.
RAM
c. CPU
|
Self Assesment
|
Skala Rikert
|
Setelah mengikuti pelajaran
ini, seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini, silanglah :
1 untuk BELUM BAIK
2 untuk CUKUP BAIK
3 untuk BAIK, dan
4 untuk SANGAT BAIK
1.
Pemahaman
tentang operasi dasar komputer
1 2
3 4
2.
Rasa
percaya diri dalam mengemukakan pendapat 1 2
3 4
3.
Kemandirian
kalian dalam berdiskusi
1 2
3 4
4.
Kesantunan
dalam mengemukakan pendapat
1 2
3 4
5.
Berfikir
logis dan kritis
1 2
3 4
|
Ponrangae, 20 Juli 2016
|
|
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Pituriawa
|
Guru
Mata Pelajaran TIK
|
Drs. H. ABDUL
RAZAK, M.Si
|
ZAINAL,S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
: SMA Negeri 1
Pituriawa
Mata
Pelajaran : TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi)
Kelas
/ Semester : X / I (Satu)
Standar
Kompetensi : 2. Memahami
fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi
Dasar : 2.2. Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi
(wireline, wireless, modem dan satelit)
Indikator : - Menjelaskan pengertian telekomunikasi
-
Mengidentifikasi
perangkat keras komunikasi data.
-
Menjelaskan pertukaran sinyal analog dan
digital serta cara kerja satelit
Alokasi
Waktu : 4 Jam Pelajaran (2 x
tatap muka)
Tatap
muka ke : 7 – 8
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
- Siswa dapat membedakan
antara jaringan telekomunikasi menggunakan kabel dan nirkabel
- Siswa dapat menjelaskan
cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
- Siswa dapat menjelaskan
fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi
B.
MATERI
AJAR :
1.
Telekomunikasi
2.
Perangkat
keras komunikasi data
3.
Pertukaran
sinyal analog dan digital serta cara kerja satelit
C.
METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Membaca
buku dengan cermat
2.
Diskusi
dan Presentasi
3.
Demonstrasi
4.
Tanya
jawab
D.
LANGKAH
–LANGKAH PEMBELAJARAN :
- Pendahuluan
a.
Memberi
salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa
b.
Mengecek
kehadiran siswa
c.
Melakukan
apresiasi dengan meminta salah seorang siswa untuk menjelaskan cara kerja
jaringan telekomunikasi secara singkat
d.
Motivasi
Peserta didik diminta untuk
berfikir sejenak tentang fungsi dan cara kerja jaringan telekomunikasi, lalu
ditanya : “Apakah kalian pernah menggunakan berbagai peralatan jaringan
telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit) ?”
e.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran
- Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan
pembelajaran
Ø Menggunakan media
pembelajaran dan sumber belajar lain.
Ø Menjelaskan secara singkat
tentang materi pembelajaran.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Memfasilitasi peserta didik
dalam pemberian tugas / diskusi untuk memecahkan ide baru
Ø Memberi kesempatan berfikir,
menganalisis, problem solving dan
bertindak tanpa rasa malu
Ø Membagi peserta didik menjadi
tiga kelompok. (Setiap anggota pada
masing-masing kelompok dibagi tugas untuk membaca buku-buku sumber belajar
secara mandiri dengan cermat dan menjaga kondusifitas)
1) Kelompok 1 : Telekomunikasi
2) Kelompok 2 : Perangkat keras komunikasi data
3) Kelompok 3 : Pertukaran sinyal analog dan digital
serta cara kerja satelit
Ø Menugaskan setiap siswa di
masing-masing kelompok membuat laporan hasil telaahnya.
Ø Menunjuk salah seorang siswa
mewakili setiap kelompok mempresentasikan laporannya dan para siswa kelompok lain memberikan
tanggapan dengan kritis. (nilai karakter
yang dapat ditanamkan melalui kegiatan di atas : mentalitas, kritis,
demonstratif dan demokratis)
Ø Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi siswa
c. Konfirmasi
Ø Guru bertanya jawab dari
hasil diskusi tentang hal-hal yang belum diketahui
Ø Guru bersama dengan siswa
menyimpulkan pelajaran dan melakukan penilaian singkat
- Penutup
a.
Refleksi
: peserta didik diajak untuk berfikir dan memahami fungsi dan proses kerja
berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
b.
Guru
menginformasikan kepada peserta didik pertemuan berikutnya Mendemonstrasikan
fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi teknologi informasi dan
komunikasi
c.
Memberi
tugas siswa untuk mencari artikel yang berkaitan dengan fungsi dan cara kerja
jaringan telekomunikasi di internet
dengan mencantumkan alamat website
d.
Berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
E.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1. Perangkat
Komputer dan Akses Internet
2.
Buku Mahir Menggunakan TIK dan
Word 2003 Kelas X Semester I (Fairus NH, 2007,Mahir Menggunakan TIK dan Word 2003 Kelas X Semester I Jakarta :
Ganeca Exact), Buku ajar (e-book)
TIK SMA Kelas X Semester I (Saruri, 2008, TIK SMA Kelas X Semester I
Jakarta : Kementrian Negara Riset Dan Teknologi)
3. Buku ajar
(paket) TIK SMA untuk Kelas X
- Artikel-artikel tentang fungsi dan
proses kerja berbagai peralatan TIK dari internet :
searching www.google.co.id
F.
PENILAIAN
INDIKATOR PENILAIAN
|
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CATATAN
BUTIR SOAL
|
Telekomunikasi
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1. Jelaskan pengertian
telekomunikasi dan berikan contohnya !
2. Kabel koaksial mampu
membawa sinyal sejauh….
a.
500 m d. 750 m
b.
600 m e. 850 m
c.
900 m
3. Media komunikasi jarak jauh
dengan menggunakan nirkabel adalah….
a.
infrared d.
USB HUB
b.
bluetooth e. LAN
c.
wifi
|
Perangkat keras komunikasi data
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1.
Sebut
dan jelaskan macam-macam modem!
2.
Modem
memiliki nama lain….
a.
modulasi d. transfer sinyal
b.
relay e. modul decompute
c.
modulator demodulator
3.
Perangkat
modem merupakan alat penghubung antara komputer yang satu dengan yang lain
melalui saluran….
a.
internet d. GPRS
b.
telepon e. jaringan
c.
listrik
|
Pertukaran sinyal analog dan digital
serta cara kerja satelit
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1. Jelaskan perbedaan antara
sinyal analog dan sinyal digital !
2.
Media
komunikasi tanpa kabel / nirkabel berikut ini adalah kecuali
a.
satelit d. inframerah
b.
radio FM e. TV
Kabel
c.
gelombang micro
3.
Teknologi
walkie-talkie merupakan contoh penerapan dengan menggunakan media….
a.
kabel d. nirkabel
b.
gprs e. satelit
c.
3G
|
Self Assesment
|
Skala Rikert
|
Setelah mengikuti pelajaran ini,
seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini, silanglah :
1
untuk BELUM BAIK
2
untuk CUKUP BAIK
3
untuk BAIK, dan
4
untuk SANGAT BAIK
1.
Pemahaman
tentang operasi dasar komputer
1 2
3 4
2.
Rasa
percaya diri dalam mengemukakan pendapat 1
2 3 4
3.
Kemandirian
kalian dalam berdiskusi
1 2
3 4
4.
Kesantunan
dalam mengemukakan pendapat
1 2
3 4
5.
Berfikir
logis dan kritis
1 2
3 4
|
Ponrangae, 20 Juli 2016
|
|
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Pituriawa
|
Guru
Mata Pelajaran TIK
|
Drs. H. ABDUL
RAZAK, M.Si
|
ZAINAL,S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
: SMA Negeri 1
Pituriawa
Mata
Pelajaran : TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi)
Kelas
/ Semester : X / I (Satu)
Standar
Kompetensi : 2. Memahami
fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi
Dasar : 2.3. Mendemontrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak dan aplikasi
teknologi informasi dan komunikasi
Indikator :
- Mengklasifikasi program aplikasi
pengolah kata
- Mengklasifikasi program aplikasi pengolah angka dan presentasi
- Mengklasifikasi program aplikasi Dekstop publishing dan
multimedia
Alokasi
Waktu : 4 Jam Pelajaran (2 x
tatap muka)
Tatap
muka ke : 9 – 10
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
- Siswa dapat
mengidentifikasikan perangkat lunak yang digunakan untuk teknologi
informasi dan komunikasi
2.
Siswa
dapat mendemonstrasikan penggunaan salah satu perangkat lunak untuk memperoleh
informasi
B.
MATERI
AJAR :
- Program aplikasi
pengolah kata
- Program aplikasi
pengolah angka dan presentasi
- Program aplikasi
mutltimedia
C.
METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Membaca
buku dengan cermat
2.
Diskusi
dan Presentasi
3.
Demonstrasi
4.
Tanya
jawab
D.
LANGKAH
–LANGKAH PEMBELAJARAN :
- Pendahuluan
a.
Memberi
salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa
b.
Mengecek
kehadiran siswa
c.
Melakukan
apresiasi dengan meminta salah seorang siswa untuk menjelaskan fungsi dan cara
kerja perangkat lunak dan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi secara
singkat
d.
Motivasi
Ø
Apakah
kalian sudah mengetahui tentang fungsi dan cara kerja perangkat lunak dan
aplikasi teknologi informasi dan komunikasi ?
Ø
Peserta
didik diminta untuk berfikir sejenak tentang fungsi dan cara kerja perangkat
lunak dan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi, lalu ditanya : “Apakah
kalian pernah menggunakan salah satu perangkat lunak untuk memperoleh informasi
?”
e.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran
- Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan
pembelajaran
Ø Menggunakan media
pembelajaran dan sumber belajar lain.
Ø Menjelaskan secara singkat
tentang materi pembelajaran.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Memfasilitasi peserta didik
dalam pemberian tugas / diskusi untuk memecahkan ide baru
Ø Memberi kesempatan berfikir,
menganalisis, problem solving dan
bertindak tanpa rasa malu
Ø Membagi peserta didik menjadi
tiga kelompok. (Setiap anggota (siswa) pada masing-masing kelompok dibagi tugas
untuk membaca buku-buku sumber belajar secara mandiri dengan cermat dan menjaga
kondusifitas)
1) Kelompok 1 : Program
aplikasi pengolah kata
2) Kelompok 2 : Program
aplikasi pengolah angka dan presentasi
3) Kelompok 3 : Program
aplikasi dekstop publishing
Ø Menugaskan setiap siswa di
masing-masing kelompok membuat laporan hasil telaahnya.
Ø Menunjuk salah seorang siswa
mewakili setiap kelompok mempresentasikan laporannya dan para siswa kelompok lain memberikan
tanggapan dengan kritis. (nilai karakter
yang dapat ditanamkan melalui kegiatan di atas : mentalitas, kritis,
demonstratif dan demokratis)
Ø Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi siswa
c. Konfirmasi
Ø Guru bertanya jawab dari
hasil diskusi tentang hal-hal yang belum diketahui
Ø Guru bersama dengan siswa
menyimpulkan pelajaran dan melakukan penilaian singkat
- Penutup
a.
Refleksi
: peserta didik diajak untuk berfikir dan memahami operasi dasar komputer.
b.
Guru
menginformasikan kepada peserta didik pertemuan berikutnya mempelajari
menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
c.
Memberi
tugas siswa untuk mencari artikel yang berkaitan dengan materi pembelajaran dengan
mencantumkan referensi / alamat website jika dari internet.
d.
Berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
E.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1.
Perangkat Komputer dan Akses Internet
2.
Buku Mahir Menggunakan TIK dan
Word 2003 Kelas X Semester I (Fairus NH, 2007,Mahir Menggunakan TIK dan Word 2003 Kelas X Semester I Jakarta :
Ganeca Exact), Buku ajar (e-book)
TIK SMA Kelas X Semester I (Saruri, 2008, TIK SMA Kelas X Semester I
Jakarta : Kementrian Negara Riset Dan Teknologi)
3. Buku ajar
(paket) TIK SMA untuk Kelas X
- Artikel-artikel tentang fungsi dan
proses kerja berbagai peralatan TIK dari internet :
searching www.google.co.id
F.
PENILAIAN
INDIKATOR PENILAIAN
|
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CATATAN
BUTIR SOAL
|
Program
aplikasi pengolah kata
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1. Jelaskan urutan membuat
document file dengan menggunakan Ms. Word (dari awal membuka hingga
menutup program aplikasinya) !
2. Program pengolah kata Word
Star bekerja dibawah sistem operasi….
a.
windows d. bios
b.
linux e. unix
c.
OS/2
3. Tampilan layar lembar kerja
Masyarakat. Word dapat ditutup sementara dengan menggunakan perintah….
a.
restore d. close
b.
minimize e. exit
c.
maximize
|
Program
aplikasi pengolah angka dan presentasi
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1.
Jelaskan
perbedaan Ms. Excel dengan Ms. Powerpoint !
2.
Kita
dapat mengolah angka melalui software
a.
ms. acces d. ms. excel
b.
ms. word e. ms. powerpoint
c.
ms. frontpage
3.
Komponen
utama dalam program ms. powerpoint adalah….
a.
tabel d. print area
b.
slide e. print preview
c.
kolom dan baris
|
Program
aplikasi Dekstop publishing dan multimedia
|
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Daftar
soal uraian
Soal
pilihan ganda
|
1. Jelaskan fungsi dan
kegunaan dari program photoshop !
2.
Ekstensi
asli file photoshop berupa....
a.
.psd d. .crd
b.
.xls e. .doc
c.
.jpg
3.
Kita
dapat memainkan musik dengan menggunakan aplikasi….
a.
Photoshop d. coreldraw
b.
winrar e. strip poker
c.
winamp
|
Self Assesment
|
Skala Rikert
|
Setelah mengikuti pelajaran ini,
seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini, silanglah :
1
untuk BELUM BAIK
2
untuk CUKUP BAIK
3
untuk BAIK, dan
4
untuk SANGAT BAIK
1.
Pemahaman
tentang operasi dasar komputer
1 2
3 4
2.
Rasa
percaya diri dalam mengemukakan pendapat 1
2 3 4
3.
Kemandirian
kalian dalam berdiskusi
1 2
3 4
4.
Kesantunan
dalam mengemukakan pendapat
1 2
3 4
5.
Berfikir
logis dan kritis
1 2
3 4
|
Ponrangae, 20 Juli 2016
|
|
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Pituriawa
|
Guru
Mata Pelajaran TIK
|
Drs. H. ABDUL
RAZAK, M.Si
|
ZAINAL,S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
: SMA Negeri 1
Pituriawa
Mata
Pelajaran : TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi)
Kelas
/ Semester : X / I (Satu)
Standar
Kompetensi : 3. Memahami
ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi
Dasar : 3.1. Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap
perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi
Indikator : - Menjelaskan
etika moral penggunaan perangkat lunak
- Menjelaskan
hak cipta perangkat lunak dan akibat-akibat pelanggaran hak cipta
- Menjelaskan
cara melindungi hasil karya
Alokasi
Waktu : 4 Jam Pelajaran (2 x
tatap muka)
Tatap
muka ke : 11 – 12
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
- Siswa dapat menjelaskan
tentang aturan-aturan hak cipta
2.
Siswa
dapat menjelaskan dampak pelanggaran hak cipta
3.
Siswa
dapat menerapkan aturan-aturan hakcipta yang berkaitan dengan teknologi dan
komunikasi
B.
MATERI
AJAR :
- Etika moral penggunaan
perangkat lunak
- Hak cipta perangkat
lunak
- Akibat-akibat
pelanggaran hak cipta
- Cara melindungi hasil
karya
C.
METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Membaca
buku dengan cermat
2.
Diskusi
dan Presentasi
3.
Demonstrasi
4.
Tanya
jawab
D.
LANGKAH
–LANGKAH PEMBELAJARAN :
- Pendahuluan
a.
Memberi
salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa
b.
Mengecek
kehadiran siswa
c.
Melakukan
apresiasi dengan meminta salah seorang siswa untuk ketentuan penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi secara singkat
d.
Motivasi
Ø
Apakah
kalian sudah mengetahui tentang ketentuan penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi ?
Ø
Peserta
didik diminta untuk berfikir sejenak tentang ketentuan penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi, lalu ditanya : “Apakah kalian mengetahui aturan yang
berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak
teknologi informasi dan komunikasi ?”
e.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran
- Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan
pembelajaran
Ø Menggunakan media
pembelajaran dan sumber belajar lain.
Ø Menjelaskan secara singkat
tentang materi pembelajaran.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Memfasilitasi peserta didik
dalam pemberian tugas / diskusi untuk memecahkan ide baru
Ø Memberi kesempatan berfikir,
menganalisis, problem solving dan
bertindak tanpa rasa malu
Ø Membagi peserta didik menjadi
tiga kelompok. (Setiap anggota (siswa) pada masing-masing kelompok dibagi tugas
untuk membaca buku-buku sumber belajar secara mandiri dengan cermat dan menjaga
kondusifitas)
1) Kelompok 1 : Etika
moral penggunaan perangkat lunak
2) Kelompok 2 : Hak
cipta perangkat lunak dan Akibat-akibat pelanggaran hak cipta
3) Kelompok 3 : Cara
melindungi hasil karya
Ø Menugaskan setiap siswa di
masing-masing kelompok membuat laporan hasil telaahnya.
Ø Menunjuk salah seorang siswa
mewakili setiap kelompok mempresentasikan laporannya dan para siswa kelompok lain memberikan
tanggapan dengan kritis. (nilai karakter
yang dapat ditanamkan melalui kegiatan di atas : mentalitas, kritis,
demonstratif dan demokratis)
Ø Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi siswa
c. Konfirmasi
Ø Guru bertanya jawab dari
hasil diskusi tentang hal-hal yang belum diketahui
Ø Guru bersama dengan siswa
menyimpulkan pelajaran dan melakukan penilaian singkat
- Penutup
a.
Refleksi
: peserta didik diajak untuk berfikir dan memahami operasi dasar komputer.
b.
Guru
menginformasikan kepada peserta didik pertemuan berikutnya mempelajari
prinsip-prinsip K3 (Kesehatan dan keselamatan kerja)
c.
Memberi
tugas siswa untuk mencari artikel yang berkaitan dengan hak cipta di internet
dengan mencantumkan alamat website
d.
Berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
E.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1.
Perangkat Komputer dan Akses
Internet
2.
Buku Mahir Menggunakan TIK dan
Word 2003 Kelas X Semester I (Fairus NH, 2007,Mahir Menggunakan TIK dan Word 2003 Kelas X Semester I Jakarta :
Ganeca Exact), Buku ajar (e-book)
TIK SMA Kelas X Semester I (Saruri, 2008, TIK SMA Kelas X Semester I
Jakarta : Kementrian Negara Riset Dan Teknologi)
3.
Buku ajar (paket) TIK SMA untuk
Kelas X
4.
Artikel-artikel
tentang fungsi dan proses kerja berbagai peralatan TIK dari internet :
searching www.google.co.id
F.
PENILAIAN
INDIKATOR PENILAIAN
|
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CATATAN
BUTIR SOAL
|
Etika moral penggunaan
perangkat lunak
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Daftar soal uraian
Soal pilihan ganda
|
1.
Etika
dan moral yang bagaimanakah yang perlu dimiliki dalam menggunakan hasil karya
cipta orang lain ?
2.
Pemasangan
filter pada monitor tabung untuk menghindari….
a. pancaran d.
jaringan
b. signal e. cahaya
c. radiasi
3.
Aspek
kejiwaan yang sangat erat berhubungan dengan sikap dan perilaku seseorang
adalah pengertian dari….
a. akidah d. moral
b. etika e. akhlak
c. norma
|
Hak cipta perangkat lunak dan Akibat-akibat pelanggaran
hak cipta
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Daftar soal uraian
Soal pilihan ganda
|
1.
Berikan
contoh hak-hak individu yang diatur dalam hukum ! dan jelaskan !
2.
UU
No 19 tahun 2002 berisi tentang….
a. hak pakai d.
hak terbit
b. hak paten e.
hak cipta
c. hak mendapatkan royalti
3.
Berikut
ini adalah bukan hasil karya cipta yang dilindungi oleh UU no 19 tahun 2002…
a. lagu d. seni
b. sastra e.
hacker
c. ilmu pengetahuan
|
Cara melindungi hasil karya
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Daftar soal uraian
Soal pilihan ganda
|
1.
Jelaskan
bagaimana cara melindungi hasil karya kita agar tidak diakui dan dibajak oleh
orang lain !
2.
Hasil
karya setiap pencipta yang menunjukkan keasliannya dalam lapangan ilmu
pengetahua, seni atau sastra adalah pengertian dari ....
a. hak cipta d.
pengumuman hak cipta
b. pencipta
e. ciptaan
c. pemegang hak cipta
3.
Penggandaan
software secara illegal untuk tujuan komersil disebut
a. pencurian
d. perompakan
b. pembajakan
e. korupsi
c. perampokan
|
Self Assesment
|
Skala Rikert
|
Setelah mengikuti pelajaran
ini, seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini, silanglah :
1 untuk BELUM BAIK
2 untuk CUKUP BAIK
3 untuk BAIK, dan
4 untuk SANGAT BAIK
1.
Pemahaman
tentang operasi dasar komputer
1 2
3 4
2.
Rasa
percaya diri dalam mengemukakan pendapat
1 2
3 4
3.
Kemandirian
kalian dalam berdiskusi
1 2
3 4
4.
Kesantunan
dalam mengemukakan pendapat
1 2
3 4
5.
Berfikir
logis dan kritis
1 2
3 4
|
Ponrangae, 20 Juli 2016
|
|
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Pituriawa
|
Guru
Mata Pelajaran TIK
|
Drs. H. ABDUL
RAZAK, M.Si
|
ZAINAL,S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
: SMA Negeri 1
Pituriawa
Mata
Pelajaran : TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi)
Kelas
/ Semester : X / I (Satu)
Standar
Kompetensi : 3. Memahami
ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Kompetensi
Dasar : 3.2. Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
dalam menggunakan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi
Indikator : - Mengetahui
prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
-
Mendemonstrasikan
penerapan K3 dalam menggunakan perangkat TIK
-
Mengoperasikan
komputer dengan benar dan sesuai prosedur
Alokasi
Waktu : 4 Jam Pelajaran (2 x
tatap muka)
Tatap
muka ke : 13 – 16
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
- Siswa dapat mengetahui
prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
2.
Siswa
dapat memperagakan posisi duduk dengan baik dan benar
3. Siswa dapat mendemonstrasikan
cara menggunakan komputer dengan memperlihatkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja
(K3)
B.
MATERI
AJAR :
- Prinsip-prinsip
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
C.
METODE
PEMBELAJARAN :
1.
Membaca
buku dengan cermat
2.
Diskusi
dan Presentasi
3.
Demonstrasi
4.
Tanya
jawab
D.
LANGKAH
–LANGKAH PEMBELAJARAN :
- Pendahuluan
a.
Memberi
salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa
b.
Mengecek
kehadiran siswa
c.
Melakukan
apresiasi dengan meminta salah seorang siswa untuk prinsip-prinsip Kesehatan
dan Keselamatan Kerja (K3) secara singkat
d.
Motivasi
Ø
Apakah
kalian sudah mengetahui tentang prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja
(K3) dalam menggunakan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi ?
Ø
Peserta
didik diminta untuk berfikir sejenak tentang prinsip-prinsip Kesehatan dan
Keselamatan Kerja (K3), lalu ditanya : “Apakah kalian mengetahui
prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). ”
e.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran
- Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan
pembelajaran
Ø Menggunakan media
pembelajaran dan sumber belajar lain.
Ø Menjelaskan secara singkat
tentang materi pembelajaran.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan ini guru :
Ø Memfasilitasi peserta didik
dalam pemberian tugas / diskusi untuk memecahkan ide baru
Ø Memberi kesempatan berfikir,
menganalisis, problem solving dan
bertindak tanpa rasa malu
Ø Membagi peserta didik menjadi
tiga kelompok. (Setiap anggota (siswa) pada masing-masing kelompok dibagi tugas
untuk membaca buku-buku sumber belajar secara mandiri dengan cermat dan menjaga
kondusifitas)
1) Kelompok 1 : Prinsip-prinsip
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
2) Kelompok 2 : Penerapan
K3 dalam menggunakan perangkat TIK
3) Kelompok 3 : Mengoperasikan
komputer dengan benar
Ø Menugaskan setiap siswa di
masing-masing kelompok membuat laporan hasil telaahnya.
Ø Menunjuk salah seorang siswa
mewakili setiap kelompok mempresentasikan laporannya dan para siswa kelompok lain memberikan
tanggapan dengan kritis. (nilai karakter
yang dapat ditanamkan melalui kegiatan di atas : mentalitas, kritis,
demonstratif dan demokratis)
Ø Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi siswa
c. Konfirmasi
Ø Guru bertanya jawab dari
hasil diskusi tentang hal-hal yang belum diketahui
Ø Guru bersama dengan siswa
menyimpulkan pelajaran dan melakukan penilaian singkat
- Penutup
a.
Refleksi
: peserta didik diajak untuk berfikir dan memahami operasi dasar komputer.
b.
Guru
menginformasikan kepada peserta didik pertemuan berikutnya ulangan blok.
c.
Memberi
tugas siswa untuk mencari artikel yang berkaitan dengan prinsip-prinsip
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di internet dengan mencantumkan alamat
website
d.
Berdoa
untuk mengakhiri pelajaran.
E.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
1.
Perangkat Komputer dan Akses
Internet
2.
Buku Mahir Menggunakan TIK dan
Word 2003 Kelas X Semester I (Fairus NH, 2007,Mahir Menggunakan TIK dan Word 2003 Kelas X Semester I Jakarta :
Ganeca Exact), Buku ajar (e-book)
TIK SMA Kelas X Semester I (Saruri, 2008, TIK SMA Kelas X Semester I
Jakarta : Kementrian Negara Riset Dan Teknologi)
3.
Buku ajar (paket) TIK SMA untuk
Kelas X
4.
Artikel-artikel
tentang fungsi dan proses kerja berbagai peralatan TIK dari internet :
searching www.google.co.id
F.
PENILAIAN
INDIKATOR PENILAIAN
|
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CATATAN
BUTIR SOAL
|
Prinsip-prinsip Kesehatan
dan Keselamatan Kerja (K3)
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Daftar soal uraian
Soal pilihan ganda
|
1.
Jelaskan
maksud dari Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) !
2.
Mengacu
kepada K3, apabila membeli monitor sebaiknya memilih jenis LCD, sebab salah
satu kelebihan dari layar TFT LCD adalah ….
a. lebih murah d.
modelnya bagus
b. lebih ringan e.
lebih praktis
c. efek pancaran radiasinya rendah
3.
K3
dimaksudkan untuk menghindari dampak ….
a. estetika d. eksklusif
b. positif e. inklusif
c. negatif
|
Penerapan K3 dalam menggunakan perangkat TIK
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Daftar soal uraian
Soal pilihan ganda
|
1.
Jelaskan
langkah awal penerapan K3 dalam penggunaan komputer !
2.
Alat
yang berguna untuk mengantisipasi adanya pemadaman arus listrik, sehingga
komputer masih tetap beroperasi dalam waktu tertentu adalah ….
a. Stabilizer d.
UTP
b. STP e. UPS
c. Penghemat arus
3.
Salah
satu resiko kerusakan alat komputer yang mungkin muncul pada saat mematikan
komputer yang tidak sesuai prosedur adalah
a. CD-room
d. hardisk
b. keyboard
e. disk drive
c. power suply
|
Mengoperasikan komputer dengan benar dan sesuai prosedur
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Daftar soal uraian
Soal pilihan ganda
|
1.
Jelaskan
bagaimana cara mengoperasikan komputer dengan benar sesuai dengan prinsip K3
2.
Jarak
pandang ideal mata dengan monitor dalam menggunakan komputer adalah....
a. 30 cm
d. 60 cm
b. 40 cm
e. 70 cm
c. 50 cm
3.
Ketika
komputer hang sebaiknya kita menghidupkan ulang dengan menekan tombol...
a. reset d.
mouse
b. power e.
ctrl
c. enter
|
Self Assesment
|
Skala Rikert
|
Setelah mengikuti pelajaran
ini, seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini, silanglah :
1 untuk BELUM BAIK
2 untuk CUKUP BAIK
3 untuk BAIK, dan
4 untuk SANGAT BAIK
1.
Pemahaman
tentang operasi dasar komputer
1 2
3 4
2.
Rasa
percaya diri dalam mengemukakan pendapat
1 2
3 4
3.
Kemandirian
kalian dalam berdiskusi
1 2
3 4
4.
Kesantunan
dalam mengemukakan pendapat
1 2
3 4
5.
Berfikir
logis dan kritis
1 2
3 4
|
Ponrangae, 20 Juli 2016
|
|
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Pituriawa
|
Guru
Mata Pelajaran TIK
|
Drs. H. ABDUL
RAZAK, M.Si
|
ZAINAL,S.Pd
|
Komentar
Posting Komentar