Bermula dari MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN

Musyawarah Guru Mata Pelajaran atau yang sering disebut MGMP adalah sebuah wadah berkumpulnya guru mata pelajaran yang biasanya diselenggarakan satu kali dalam satu minggu, dalam musyawarah ini akan dibahas masalah-masalah, kesulitan serta hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran juga diskusi diskusi lain yang dianggap mampu memperlancar proses pembelajaran di dalam kelas. Dengan musawarah guru mata pelajaran diharapkan akan ditemukan sebuah solusi dalam memecahkan masalah yang kiranya dialami oleh setiap guru mata pelajaran. Waktu itu saya senang sekali setiap ada pertemuan MGMP karena selain membahas masalah diatas, MGMP juga menjadi wadah silahturahim yang paling gampang dilakukan. Namun tujuan utama dilaksanakannya MGMP yaitu :

MGMP TIK Kapupaten Sidenreng Rappang


Untuk memotivasi guru, guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, dan membuat evaluasi program pembelajaran dalam rangka meningkatkan keyakinan diri sebagai guru profesioanal.


MGMP TIK Kapupaten Sidenreng Rappang


Untuk meningkatkan kemampuan dan kemahiran guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga dapat menunjang usaha peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan;

Untuk mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dan dialami oleh guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan mencari solusi alternatif pemecahannya sesuai dengan karakteristik mata pelajaran masing-masing, guru, kondisi sekolah, dan lingkungannya;

Untuk membantu guru memperoleh informasi teknis edukatif yang berkaitan dengan kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi, kegiatan kurikulum metodologi, dan sistem pengujian yang sesuai dengan mata pelajaran yang bersangkutan;Untuk saling berbagi informasi dan pengalaman dari hasil lokakarya, simposium, seminar, diklat, referensi, dan lain-lain kegiatan profesional yang dibahas bersama-sama;

Untuk menjabarkan dan merumuskan agenda reformasi sekolah (school reform), khususnya focus classroom reform, sehingga berproses pada reorientasi pembelajaran yang efektif.

Info tentang Indonesia Digital Learning yang merupakan cikal bakal program kompetisi khusus guru yang diberi nama My Teacher My Hero pertamakali didapatkan melalui aplikasi chat Telegram salah satu grup chat Ikatan Guru Indonesia yang membahas tentang adanya pelatihan tentang teknologi digital yang disponsori oleh Telkom Indonesia. Wacana digrup Telegram tersebut menjadi salah satu pembahasan di kegiatan MGMP yang kami lakukan. Dan setelah berdiskusi dengan rekan-rekan guru yang sempat hadir waktu kami memutuskan untuk secepatnya ramai-ramai mendaftar karena kami melihat disistem pendataan peserta pelatihan Indonesia Digital Learning sudah hampir penuh. Satu persatu rekan-rekan guru berhasil registrasi, Namun kenyataan berkata lain tidak semua rekan guru yang hadir bisa registrasi, ini disebabkan karena kuota peserta untuk kota Makassar sebagai salah satu kota tuan rumah penyelenggara telah mencukupi. Tujuan utama mengikuti kegiatan ini adalah tiada lain ingin menambah kompetensi sekaligus menguji kompetensi yang dimiliki.

Sekitar dua Minggu kemudian setelah berhasil registrasi online akhirnya kami mendapatkan email dari info@guruidl.id yang sebagian isinya seperti berikut :

Jakarta, 25 April 2016

PELATIHAN INDONESIA DIGITAL LEARNING 2016 KOTA MAKASSAR*BAGI YANG MENDAPATKAN EMAIL INI, KAMI DARI PANITIA IDL 2016 MEMINTAUNTUK BAPAK/IBU MELAKUKAN PENDAFTARAN PADA WEBSITE: Indonesia Digital Learning 

(Silahkan masuk pada website kami dan mengisi Pendaftaran untuk WilayahMakassar)

Dengan dikirimkannya undangan ini, kami ingin menginformasikan bahwa Bapak/Ibu mendapatkan undangan untuk mengikuti Pelatihan Indonesia Digital Learning 2016 Kota Makassar. 

Untuk itu, kami dari panitia IndonesiaDigital Learning 2016 menginformasikan tentang ; "KEIKUTSERTAAN PELATIHAN INDONESIA DIGITAL LEARNING 2016"

*Mohon untuk diperhatikan, "SEGERA MENGISI FORMULIR" dari link di atas. Lalu lakukan Konfirmasi "KEIKUTSERTAAN PELATIHAN INDONESIA DIGITAL LEARNING" melalui email dan pengisian google form diatas. Kami tunggukonfirmasi kehadiran pelatihan Indonesia Digital Learning 2016 palinglambat hari Selasa, tanggal 26 April 2016 pukul 24.00 WIB.

Kami selaku panitia tim IDL 2016 menyatakan bahwa:
Pelatihan Indonesia Digital Learning Kota Makassar diadakan 
pada tanggal27-28 April 2016 yang bertempat di Sahid Hotel.

Berikut persyaratan yang harus dibawa saat pelaksanaan Pelatihan IDL2016 :
- Laptop yang tersambung dengan koneksi Wifi beserta chargernya   sertaminimal terdapat aplikasi kamera dan video
- Modem
- Handphone (android) yang terdapat fitur kamera atau video       
  beserta kabeldata maupun chargernya 
- Menunjukkan notifikasi email
- Menyerahkan print-an surat undangan yang dikirimkan panitia 
  saat registrasi

*Dresscode Peserta :
- Hari pertama : Batik
- Hari Kedua : Baju Rapi*

Peserta diharapkan hadir satu jam sebelum pelaksanaan pelatihan IDL 2016 (susunan acara terlampir) Kami meminta konfirmasi keikutsertaan Anda dengan menjawab email inidengan format: "Saya bersedia untuk mengikuti Pelatihan IDL dikota...............”

*Deadline pembalasan email hari Selasa, 26 April 2016

Note :
- Peserta tidak dikenakan biaya saat mengikuti pelatihan IDL 2016
- Panitia tidak menanggung biaya akomodasi (penginapan, 
  perjalanan menujutempat pelatihan) ditanggung peserta diluar 
  jam pelatihan 
- Peserta dilarang mengajak teman tanpa registrasi
- Bila ada teman Anda yang ingin mengikuti pelatihan ini, silahkan 
  arahkan teman Anda untuk mendaftar pada website 
  indonesiadigitallearning.com

Surat undangan yang dikirimkan dapat digunakan untuk meminta izin pada instansi Bapak/Ibu terkait .

Thanks Regards,


Panitia IDL 2016


To Be Continue.....





Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Mapel TIK Kelas 10 Semester 2